Oleh: taqiku | 29 April 2008

Radang Tenggorokan pada Anak

Berbagai penyakit langganan anak balita seperti demam, batuk, pilek, diare tidak perlu dicemaskan. Berbagai penyakit ini merupakan penyakit ringan yang justru merupakan proses berlatih daya tahan anak. Melalui berbagai penyakit ini anak akan semakin kuat. Ketika memasuki usia sekolah, anak semakin jarang sakit.

Dunia kedokteran dan statistik telah membuktikan bahwa 85% anak mengalami radang tenggorokan. Penyebabnya adalah infeksi virus. Anak memang sering terserang infeksi saluran napas atas termasuk radang tenggorokan ini. Sekitar 90% kasus radang tenggorokan yang disertai hidung berair, demam, dan nyeri telinga disebabkan oleh virus. 10% sisanya penyebab radang tenggorok adalah bakteri.

Oleh karena disebabkan oleh virus maka antibiotik tidak diperlukan. Infeksi virus seperti misalnya batuk, pilek, radang tenggorokan, sama sekali tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya. Tubuh akan melawan dengan sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan antibiotik yang berlebihan malahan merugikan. Sebab, membuat anak menjadi resisten. Antibiotik menjadi tidak mempan melawan infeksi.

Pada kasus radang tenggorok yang disebabkan oleh bakteri tersering adalah bakteri Streptokokus. Gejala infeksi bakteri ini adalah tenggorokan yang berwarna merah daging dan tonsil yang mengeluarkan cairan. Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan bakteri antibiotik memang diperlukan.

Jika anak gelisah, rewel, sulit tidur, lemah, lesu karena radang tenggorokan, dapat dibantu dengan meredakan gejalanya. Tak selalu dengan obat. Mungkin dengan tindakan yang mudah dan sederhana dapat membantu menenangkan anak.

Seperti misalnya nyeri menelan diberikan tindakan banyak minum air hangat, obat kumur, lozenges, dan parasetamol untuk meredakan nyeri. Untuk demam, tindakannya banyak minum, parasetamol, kompres hangat atau seka tubuh dengan air hangat. Jika anak mengalami hidung tersumbat dan berair, diberikan tindakan banyak minum air hangat, anak diuap dengan baskom air hangat, dan diberikan obat tetes hidung.

Tidak perlu terlalu dicemaskan jika anak tidak sembuh dalam satu atau dua hari. Beberapa kasus radang tenggorok akibat virus akan sembuh setelah dua minggu. Bawa anak ke dokter bila gejala terlihat semakin berat.

sumber : idionline/dtkcom

————————-

Beberapa kasus radang tenggorok akibat virus akan sembuh setelah dua minggu.

Hahh..2 minggu?  ini aja 6 hari rasanya sudah gimana gitu, panik nya bejibun2 numpuk. 2 minggu? (masih gak percaya) Apa kata Dunia!!!.

aniwei..makasih ya infonya

About these ads

Responses

  1. Taqi………. apa kabar?
    gimana sekarang udah mendingan sakitnya?
    moga cepet sembuh dan bisa main lagi ya Taqi..

    *akhirnya bisa berkunjung lagi….

    —————————-
    Alhamdulillah om, taqi sudah baikan, tinggal gemukin badannya lagi heheheh…
    komputer kantornya sudah baikan juga ya om? :)

  2. Liat : Mazhabnya Haidar Bagir

  3. Ralat : Ama Ina liat : Mazhab-nya Haidar Bagir

  4. Taqi sayang……………………………………….
    dah sembuh lum nak? duh kangennyo. (kompt rusak jd lamo dak bs jingok taqi). di doain mudah2n penyakit menjauh sejauh2nyo,selalu sehat terus yo sayang. sakit itu pertando bakal tambah kepintaran. jagoin taqi yo na, perhatikn makanannyo. cium sayang tuk anak mama yg ganteng dan pintar.

    ——————————————-
    sudah sembuh ma, duh ini artikel emang bener, 2 minggu taqi baru sembuh, dan selama 6 hari full gak makan2 sama sekali, badan kecil benerrr, ngeri gendongnya. tapi sekarang sudah lincah lagi Alhamdulillah

  5. Taqii… rindu galo kami di sini,
    rombongan nih mampir jenguk Taqi tersayang.

    Tuk ibu ayah Taqi, sabar y. Bisa karena biasa, biasa karena terpaksa hehe

    Doa kami dari jauh

    ————————-
    Hahahaha….istilah diatas bener2 pas, biasa karena terpaksa, terpaksa karena gak ada pilihan, jadi..ya gitu, terpaksa deh…

    makasih ama lia doanya

  6. mampir yo

    ————-
    silahkan abi

  7. blog abi : http://www.abi-kholid.blogspot.com

    ———————-
    ini dia yang ditunggu2 dari dulu, jadi yang lama gak jadi yah.. kami mampir ya

  8. Ya Allah….masa sih kita tega ngelihat anak kita sakit, susah makan, muntah-muntah belum lagi demam tinggi selama 2 minggu…please deh…bukannya ga mau yang alami, tapi apa gak ada solusi yang lebih jitu…
    ————————-
    mana ada orang tua yg tega mbak..mbak… ada ada aja komennya. anak saya sakit 1 hari aja saya dah pening, panik. itu informasi dari sumber : idionline/dtkcom kasih tau kl dari beberapa kasus radang tenggorok akibat virus akan sembuh setelah dua minggu, dan menenangkan orangtua supaya gak usah panik, kl lebih cepat ya itu pasti lebih baik, anak saya dah dbawa ke lebih dari 1 dokter sakingnya dan Alhamdulillah akhirnya sembuh… setelah dihitung terryata hampir 2 minggu juga setelah melalui berbagai usaha diiringi doa, bukan pasrah !!!

  9. Jadi lega setelah ngebacanya, jd gk terlalu takut m khawatir dech… thanks y taqi oia aku mw nanya jg low bayi usia 15 bln obat yg co2k apa utk sakit radag juga gk menggangu minum obat flek jg dan putriku sakit flek jg, tolongin ya taqi…

    • sama2 mbak ika, waduh kalo soal itu saya gak tau mbak, soal sakit flek saya gak ada pengalaman jadi susah kalo mo berbagi info. cb lsg ke DSA aja mbak. smg cpt sembuh ya…. dan trimakasih sudah mampir

  10. thanks ya taqi atas infonya…..kebetulan 2 anak saya lagi radang tenggorokan…cuma giman sih mau bedain…mana radang tenggorokan karena virus dan karena bakteri

    • sama2 pak, diatas ada tuh gejala2 nya. semoga ke 2 anak bapak cepat sembuh ya….

  11. Anak sy sdh 3hr skt radang tnggorokan. Apakah berbahaya klu antibiotik sjns amoxilin diberikan pd anak2. Mhn penjelasanx trma ksh.

    • waduh kl itu saya kurang tau pak, bisa ditanyakan lsg k DSA bapak, smg cepat sembuh

  12. Assalamu’alaikum wr.wb

    Syukon bgt taqi..ada info br buat aq yg lg ngadepin sikap ortu yg anakny sakit radang tenggorokan,tp nyalahin pihak skolah.oh y aq gru TK d Bksi,yg lg buka Tempat Penitipan Anak.pdhal mknan yg d sdiakn sklah adl mknan yg bergizi gak tau d klo d rmhnya.ntar aq ksh info ttg taqi dech..biar mrk bs introspeksi diri.:-D
    Wassalam

    • oke..semoga mrk bisa ngerti dan gak nyalahin pihak sekolah lagi, trmksh sdh mampir kak anisah

  13. asss
    halllo taqi gmn kbr nye dah sembuh kan sma ni aku jga lgie sakit dan aku lagi sakit hati dan patah hati nie ma seseorang ya dah lah jgn d pikirin itu ,masalah cma aku yang ngerasain makasih ya dah bagi informasi bwt aku
    wass

    • terimakasih kembali sri ayu, smg cepat sembuh sakit hatinya..

  14. Anakku umur 2 th.sekarang lagi kena radang tenggorokan.gak mau makan dan minum susu.pasti tiap bulannya selalu begitu.saya yang selalu panik ya selalu bawa ke dokter.takut ada apa2.dan pasti dalam racikan obatnya ada antibiotik..lha Ќά̲̣̥ζö begitu bagaimana??apa minta ke dokternya ga usah antibiotik? Trus lidahnya juga kena sariawan juga…apa itu termasuk gejala radang juga??

    • kok sm dg anaku tiap bln jg.jd klo udh demam n
      lms lgsg tk bw ke spes anak.ada antibiotiknya jg.gag tg klo brlm lm plgi smp 2mgg y sis

  15. kalo nggak mau makan sama sekali gmana dongg…cepetan yang tau balas yah…

    • kalo nggak mau makan sama sekali gmana dongg…cepetan yang tau balas yah…

      • anak saya waktu sakit juga gak mau makan, tinggal upaya kita sebagai orangtua gmn membujuknya, tetap bersikap sabar, waktu sakit anak saya lebih suka minum teh panas dibandingkan susu, coba juga dengan bubur lunak.

  16. Sip terima kasih atas infonya

    • sama sama kak resa

  17. Oke juga infonya. Kecemasan kami jadi berkurang saat bayi klami sakit tenggorokan. Makasih..

  18. Duh sayang,pokokx mslh tenggorokan madu aj yang maju duluan,,:-)

  19. Terimakasih sblmx u/ infonya, klo langkah pencegahaan yg efective apa ya, mslhx sy khwatir sekali dgn anak sy klo radang pasti bawaanx demam..& klo demam biasax stepx kambuh..jdi sy sedih liatx..apalgi umurx baru 3 thn, oh ia namax Annisa ..

  20. Now then, its question time, do we have the opportunity to ask a difficult question?

  21. Anak saya skrg megalami tenggorokn udh d bwa ke dokter alhamdulillah udh mendagan pnas x tp knpa y ank q gk nyenyk tdur.gk suka mkan stlah aku bca d atas penyembhan x kunyit ok bsok saya akn cba..mungkn ad soluli buat ank yg suka mkn d ksih apa y bunda soalnya ank q kurusan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: